SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

  • Drs. Teguh

    Assalamu'alaikum wr.wb..

    Selamat datang di SMA Titian Teras Jambi. SMU Titian Teras (nama SMAN Titian Teras H. A. S sebelum berganti) merupakan lembaga pendidikan menengah swasta yang didirikan atas dasar kerjasama antara Yayasan Pendidikan Jambi, Pemerintah Provinsi Daerah Tingkat I Jambi, dan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi. Penetapan berdirinya SMU Titian Teras berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Pendidikan Jambi nomor 09 tahun 1994 tanggal 14 Juli 1994 tentang pendirian Sekolah Menengah Umum Titian Teras Jambi.

    Peresmian berdirinya SMU Titian Teras oleh Bapak Drs. H. Abdurahman Sayoeti Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jambi, pada tanggal 14 Juli 1994 yang kemudian menjadi hari jadi SMU Titian Teras Jambi. Pengelola SMU Titian Teras adalah Yayasan Pendidikan Jambi yang dalam penyelenggaraan administrasi pendidikan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Daerah Tingkat I Jambi, yang secara teknis ditetapkan dengan keputusan sendiri. Tiap – tiap tahun pelajaran ( 1994 – 2000 ) menerima siswa sebanyak 70 orang siswa untuk 2 kelas, dan semenjak tahun 2001 menerima lebih dari 70 orang siswa untuk 3 kelas. Dari sekian banyak calon siswa yang mendaftar untuk ikut seleksi setelah dilaksanakan tes akademis, kesehatan, kesemaptaan jasmani, psikotes, ( untuk tahun 1994 s/d 2000 ) susah mencapai 70 orang. Selain itu juga semenjak tahun 2001, SMU Titian Teras mengadakan kelas akselerasi (kelas percepatan 2 tahun SMU), dengan menjalani dulu satu caturwulan masa belajar, kemudian diadakan evaluasi tehadap siswa – siswa yang berpotensi dan sebagai seleksi terakhir adalah dengan tes IQ. Untuk Angkatan I Akselerasi terdiri dari 20 siswa. Namun yang berhasil menyelesaikan sampai tamat hanya 19 siswa. Bagi yang tidak dapat menyelesaikan proses belajarnya di Kelas Akselerasi, dapat kembali ke kelas Reguler ( tidak di DO ).

    Selain itu juga semenjak tahun 2003, pembagian jadwal kegiatan akademik SMU Titian Teras juga mengalami perubahan, dari yang sebelumnya menggunakan sistem Caturwulan (CAWU) sekarang menjadi Semester. SMU Titian Teras juga mengalami perubahan kurikulum, dari yang semula menggunakan GBPP 1994, kini menggunakan sistem KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi ), dan dengan digunakanmyya sistem ini sekaligus menandakan perubahan nama SMU Titian Teras menjadi SMA Titian Teras. Sekolah ini didirikan pada tanggal 14 Juli 1994 dan diresmikan langsung oleh Gubernur Jambi pada saat itu, Bapak Abdurrahman Sayoeti.

    Semula SMA Titian Teras berlokasi di Kota Baru, Kota Jambi, namun sejak tahun 1996 SMAN Titian Teras berlokasi di kelurahan Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi di atas lahan seluas ±11 Hektar. SMAN Titian Teras menjadi sebuah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) pada tahun 2006 dan menjadi salah satu SMA unggulan di Provinsi Jambi. Pada tahun 2010, SMA Titian Teras mendapatkan ISO 9001 oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). SMAN Titian Teras telah memiliki banyak prestasi baik di tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

    Pada 4 Januari 2012, SMA Titian Teras diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan mengubah namanya menjadi SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti seperti sekarang. Saat ini SMAN Titian Teras memiliki jumlah siswa dan siswi sebanyak ±600 orang yang berasal dari setiap kabupaten dan kota di Provinsi Jambi serta Provinsi lainnya seperti Sumatera BaratRiauSumatera Selatan dan sebagainya.